Categories

Wednesday, February 13

Tips Berbelanja Online

Haii semua...seperti yang telah saya janjikan kemarin, hari ini saya akan mulai mem-posting topik pertama saya. Daann...yups, saya memilih untuk membahas mengenai Online shopping :D

Saya memilih topik ini sebagai postingan pertama karena banyak orang, terutama kaum wanita mulai tertarik untuk belanja menggunakan internet alias online shopping. Dan memang itulah arti dari online shopping sendiri, yaitu membeli suatu barang melalui internet, tanpa pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli. Banyak pelanggan dari online shopping yang mengaku puas dengan era baru dalam cara berbelanja ini. Saya pun secara pribadi bisa dibilang cukup sering berbelanja menggunakan metode online. Jelas saja, kita bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu repot-repot keliling mall atau pasar untuk membeli barang yang diinginkan, cara pembayaran pun terhitung mudah, yaitu dengan metode transfer ke rekening bank tertentu. Barang yang didapat pun biasanya masih fresh alias belum tersentuh tangan pembeli lain lantaran barang online selalu dipesan sesuai order (PO), jadi barang tersebut memang dipesan untuk kita, maka bisa dibilang tangan kita adalah 'tangan pertama' yang menyentuh barang tersebut (Tapi jangan samakan dengan online shop yang khusus menjual barang second yah, hihihi...).

Disamping nilai praktisnya, online shopping juga membuka lahan bisnis yang cukup menjanjikan untuk pebisnis yang masih pemula, terutama para remaja. Saya sendiri sebagai kawula muda merasakan sendiri dampaknya. Misalnya, banyak teman-teman sekolah yang mulai ikut merambah dunia online shop kecil-kecilan dengan memanfaatkan BBM Group alias Blackberry Messenger Group sebagai media-nya. Misalnya banyak yang menjual kue bikinan sendiri, makanan ringan, hingga jasa mak comblang di sekolah *wakakak*. Aneh memang, tapi bisnis online shopping telah membantu banyak anak muda untuk mengembangkan otak bisnis mereka.

Nah tapi ternyata disamping bermanfaat, online shopping juga kadang membawa kerugian untuk customer-nya.lho! Misalnya, ada yang memesan barang yang telah dijamin asli menurut online shop tertentu, tetapi begitu barangnya dikirim dan sampai ternyata barang yang dikirim adalah tiruan alias KW. Ada pula yang kecewa karena barang yang dipesan kualitas, ukuran dan penampilannya tidak sesuai dengan yang terlihat di foto. Sedangkan ada juga beberapa online shop yang menjual kosmetik dengan iming-iming brand luar negeri berharga miring, tapi ternyata kosmetik tersebut tersebut palsu. Penipuan dan kerugian yang dialami melalui pembelanjaan online seperti ini tentu tidak akan kita alami jika kita membeli lewat toko secara langsung.

Akan tetapi, teman-teman yang sudah terlanjur 'ketagihan' belanja online tidak perlu takut, karena sekarang sudah banyak sekali penjual-penjual online yang bisa dipercaya dan menyediakan garansi seperti misalnya uang kembali, penukaran barang, dan lain sebagainya jika customer mereka tidak puas dan merasa dirugikan. Selain itu, saya akan membagi tips-tips yang saya dapatkan melalui pengalaman pribadi selama menggunakan jasa belanja lewat online shopping, bagaimana agar kita bisa menghindari penipuan lewat sistem belanja online. Berikut tips-tips-nya:
1. BELANJALAH DI TOKO ONLINE YANG REPUTASINYA BAIK, misalnya dengan melakukan riset tentang toko yang kita minati atau bertanya pada pembeli lain yang pernah menjadi customer di toko tersebut. Berhati-hatilah dengan website online shop yang tidak jelas karena dapat menyebarkan virus atau mencuri data-data kita.
2. JANGAN TERGIUR DENGAN PENAWARAN HARGA MIRING, nahh kaum wanita paling tidak tahan dengan tawaran seperti ini. Memang, tidak semua barang murah itu palsu atau jelek, tapi kita tetap harus cermat dalam melihat harga barang. Misalnya jika ada tawaran barang/kosmetik asli yang harganya bahkan lebih murah dari harga yang ditawarkan produsen asli, hmm harus waspada yahh.....
3.BELILAH BARANG YANG MURAH SEBAGAI 'TESTER', ini bisa kita lakukan kalau kita penasaran dengan sebuah toko online. Pertama-tama kita bisa beli barang yang paling murah untuk melihat kualitas barang mereka. Setelah kita tahu bahwa produk yang mereka jual sesuai dengan yang kita mau, barulah kita pesan barang-barang yang agak mahal.
4. PIKIR-PIKIR DAHULU SEBELUM MEMBELI BARANG, nah inilah tips yang paling simple tapi penting. Sebelum membeli, coba kita pikir apa guna barang yang kita minati dan apakah barang tersebut memang benar-benar kita butuhkan. Dengan begitu, selain menghindari penipuan online, kita sekaligus menghindari terjadinya bangkrut alias kehabisan uang...:P

Sekian tips yang saya berikan, hehehe memang hanya sedikit tapi semoga membawa manfaat untuk para pembaca. Please leave your comment about this article, thank yooou....

No comments:

Post a Comment

Feel free to post your comments here and please do not use harsh words :)